Assignment




ESSAY EKONOMI UH 2 
1. untuk mengukur tingkat kemakmuran suatu negara dan untuk mendapatkan data-data terperinci mengenai seluruh barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara selama satu periode, perhitungan pendapatan nasional

2. JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat berdasarkan data produk domestik bruto (PDB) pendapatan per kapita masyarakat Indonesia pada 2012 mencapai Rp33,3 juta atau USD3.562,6 per tahun. Angka ini mencatatkan kenaikan ketimbang 2011.
Kepala BPS Suryamin menjelaskan, pendapatan masyarakat meningkat 9,53 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp30,4 juta atau USD3.498,2 per tahun. Diperkirakan masyarakat Indonesia memperoleh pendapatan per bulan sebesar Rp2,775 juta atau setara Rp92.500 per hari.

3.nternational Monetary Fund (2011)
No.
Negara
Pendapatan Perkapita
1
Singapore
US$ 50,714
2
Brunei
US$ 36,521
3
Malaysia
US$ 8,617
4
Thailand
US$ 5,281
5
Indonesia
US$ 3,469
6
Philippines
US$ 2,255
7
Vietnam
US$ 1,362
8
Laos
US$ 1,204
9
Myanmar
US$ 804
10
Kamboja
US$ 912

4.Pendapatan nasional pada dasarnya merupakan kumpulan pendapatan masyarakat suatu negara. Tinggi rendahnya pendapatan nasional akan mempengaruhi tinggi rendahnya pendapatan per kapita negara yang bersangkutan. Akan tetapi, banyak sedikitnya jumlah penduduk pun akan mempengaruhi jumlah pendapatan per kapita suatu negara.


Andaikan saya terlahir kembali

Mungkin saya akan membenahi diri saya untuk menjadi yang lebih baik dengan mensetting ulang pikiran dalam otak untuk memiliki tujuan hidup untuk bisa memberikan sebuah pengalaman yang menarik dan memiliki kesan setiap jamnya. Saya juga akan selalu memegang perkataan “keluar dari Zona aman” by Agnes Monica yang di maksudkan misalnya ketika kita sudah berada di titik dimana ketika saat kita sudah mendapatkan pada titik tingkat yang kita inginkan lalu kita hanya berani di titik tersebut saja itu yang dinamakan Zona aman, berbeda dengan yang dimaksudkan keluar dari Zona aman mudah saja dengan niat, tekat dan keberanian kita sangatlah mudah untuk keluar dari Zona tersebut meskipun sudah pasti akan menghadapi kendalanya.
Tidak hanya mengubah jalan pikiran saja saya juga akan mengubah hati saya atau perasaan saya untuk bisa lebih hati-hati dalam menyikapi suatu kondisi dengan menjadi jiwa yang pemaaf dan menjadi jiwa yang rendah hati. Kebanyakan orang ingin lebih bisa menjadi sosok yang dewasa tetapi lain hal dengan saya. Bukan berarti saya tidak ingin menjadi pribadi yang dewasa menurut saya kedewasaannya seseorang terbentuk mungkin dengan cara yang berbedaada yang sering memperagakan setiap perkataan orang dewasa dll. Tetapi yang lebih tepatnya kedewasaan terbentuk dengan sendirinya. Saat ini saya hanya cukup bisa berpikir logis dan membayangkan apa yang mungkin saya tidak bisa atau sukar untuk melakukannya akan saya lakukan walaupun dalam taraf sederhana dan dalam proses pembelajaran yang mungkin bisa saya lakukan di kedepan saya nanti.
   

 ESSAY EKONOMI UH 1

  1. Sebutkan ciri-ciri permasalahan yang dibahas pada mikro ekonomi!
  2. Sebutkan 5 contoh bahasan makro ekonomi!
  3. Sebutkan 3 negara berkembang, dan jelaskan satu per satu mengapa negara tersebut dikatakan negara berkembang!
  4. Sebutkan 3 negara maju, dan jelaskan satu persatu mengapa negara tersebut dikatakan negara maju !
  5. China termasuk negara maju atau berkembang ? Berikan alasannya !
  6. Menurutmu, apakah Indonesia kelak akan menjadi negara maju ? Jelaskan analisamu!
  7. Menurutmu, apakah Indonesia sudah memasuki arena globalisasi ? Jelaskan alasannya!
  8. Mengapa Indonesia masih berutang ?
1.       Masalah kemiskinan, Masalah Keterbelangkangan, Masalah pengangguran dan kesempatan kerja, Masalah kekurangan modal.
2.       Pendapatan nasional, kesempatan kerja dan atau pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pembayaran internasional.
3.       - Bangladesh : Rintangan bagi pertumbuhan adalah badai siklon dan banjir yang sering datang, perusahaan milik negara yang tidak efisien, fasilitas pelabuhan yang salah urus, pertumbuhan angkatan kerja yang tidak seimbang dengan ruang kerja, penggunaan sumber daya energi yang tidak efisien (seperti gas alam), listrik yang tak mencukupi, perwujudan reformasi ekonomi yang lambat, pertarungan politik, dan korupsi. Menurut Bank Dunia Juli 2005: "Di antara hambatan paling signifikan bagi Bangladesh untuk berkembang ialah buruknya pemerintahan dan lemahnya lembaga masyarakat."
-   Indonesia : Pada masa pemerintahan Orde Lama, Indonesia tidak seutuhnya mengadaptasi sistem ekonomi kapitalis, namun juga memadukannya dengan nasionalisme ekonomi. Pemerintah yang belum berpengalaman, masih ikut campur tangan ke dalam beberapa kegiatan produksi yang berpengaruh bagi masyarakat banyak. Hal tersebut, ditambah pula kemelut politik, mengakibatkan terjadinya ketidakstabilan pada ekonomi negara.
-   Mesir : Ekonomi Mesir sangat tergantung pada pertanian, media, ekspor minyak bumi, ekspor gas alam, dan pariwisata, terdapat pula lebih dari tiga juta orang Mesir bekerja di luar negeri, terutama di Arab Saudi, Teluk Persia dan Eropa. Penyelesaian Bendungan tinggi Aswan pada tahun 1970 dan resultan Danau Nasser telah menghasilkan tempat yang dihormati sepanjang masa dari Sungai Nil dalam pertanian dan ekologi negara Mesir. Sebuah populasi yang berkembang pesat, lahan pertanian terbatas, dan semua ketergantungan pada Sungai Nil terus membebani sumber daya dan menekankan ekonomi.
4.       – Britania Raya : Revolusi Industri berawal dari Britania Raya, yang mula-mula berpusat pada industri tekstil, kemudian diikuti oleh industri berat yang lain seperti pembuatan kapal, pertambangan batubara, dan pembuatan baja. Imperium Britania juga turut menciptakan pasar luar negeri bagi produk-produk Britania, yang memungkinkan Britania untuk mendominasi perdagangan internasional pada abad ke-19. Namun, setelah negara-negara lain juga berindustri, ditambah dengan kemerosotan ekonomi setelah dua perang dunia, Britania Raya mulai kehilangan keunggulan kompetitifnya. Industri-industri berat mengalami penurunan sepanjang abad ke-20. Meskipun demikian, manufaktur tetap menjadi bagian penting dari perekonomian walaupun hanya menyumbangkan 16,7% bagi pendapatan nasional pada tahun 2003.
- Korea : Kesuksesan ekonomi Korea Selatan dicapai pada akhir 1980-an ketika PDB berkembang dari rata - rata 8% per tahun (US$2,7 milyar) pada tahun 1962 menjadi US$230 milyar pada 1989 Jumlah ini kira - kira 20 kali lipat dari Korea Utara dan sama dengan ekonomi - ekonomi menengah di Uni Eropa. Kemajuan ekonomi ini dikenal dengan nama Keajaiban di Sungai Han. Pada 2005, di samping merupakan pemimpin dalam akses internet kecepatan-tinggi, semikonduktor memori, monitor layar-datar dan telepon genggam, Korea Selatan berada dalam peringkat pertama dalam pembuatan kapal, ketiga dalam produksi ban, keempat dalam serat sintetis, kelima dalam otomotif dan keenam dalam baja. Negara ini juga menempati peringkat ke tiga puluh enam dalam hal tingkat pengangguran, kesembilan belas dalam Indeks Kemudahan Berbisnisdan ketiga puluh satu dari 179 negara dalam Indeks Kebebasan Ekonomi berdasarkan data tahun 2010.
- Amerika : AS menjalankan sistem ekonomi kapitalis. Pertumbuhan ekonomi negara ini kokoh di permukaannya, pengangguran dan inflasi rendah, dan defisit perdagangan yang rendah (berarti AS membeli lebih banyak barang dari negara lain daripada menjual). Ekonomi AS ialah salah satu yang terpenting di dunia. Banyak negara telah menjadikan dolar AS sebagai tolok ukur mata uangnya, artinya berharga atau tidaknya mata uang mereka ditentukan oleh dolar. Sejumlah negara menggunakan dolar sebagai mata uangnya. Bursa saham AS dipandang sebagai indikator ekonomi dunia.Negara ini memiliki banyak sumber daya mineral, seperti emas, minyak, batu bara dan endapan uranium. Pertanian membuat negara ini berada di antara produsen utama, di antara lainnya, jagung, gandum, gula dan tembakau. AS memproduksi mobil, pesawat terbang dan benda elektronik. Sekitar 3/4 of penduduk AS bekerja di industri jasa.

5.       Negara Berkembang :  kebanyakan ekonomi republik ini telah diswastakan sejak tiga dasawarsa yang lalu. Walau bagaimanapun, pemerintah masih mengawasi ekonominya secara politik terutama dengan perusahaan-perusahaan milik pemerintah dan sektor perbankan. Secara politik, ia masih tetap menjadi pemerintahan satu partai.

6.       Bisa dikatakan Tidak karena masih banyak permaslahan yang belum terselesaikan dari tahun ketahun contohnya masalah yang ada di Ibu kotanya sendiri sudah bertahun – tahun lamanya masalah yang di hadapi masih saja sama dan sampai sekarang belum juga terpacahkan. Pemerintah juga terlalu focus terhadap masalah yang sering terjadi sedangkan masalah yang di luar lingkup sana ( di daerah lain) tidak terlalu terurus sedangkan yang di fokuskan belum tentu terselesaikan Indonesia juga masih berhutang dan ketergantungan dengan Negara lain belum lagi Koruptor meraja rela.

7.       Mungkin Sudah soalnya orang Luar sudah mengetahui atau mungkin sudah mengenal kebudayaan Indonesia dan bahkan suadah di akui oleh Negara luar seperti Amerika Serikat.

8.       Sumber Daya Manusia yang kurang, Korupsi, Kemiskinan, Pengangguran Dll.


Metode mengajar guru

Metode  mengajar yang saya suka dari guru, yang membuat nilai saya meningkat dan membuat ingatan terhadap materi tersebut permanen di otak cukup sulit jika cara mengajarnya monoton. karena saya tipe orang yang tidak terlalu rajin belajar dan juga cepat bosan membaca, trus juga terkadang pengaruh mood atau tidaknya terhadap guru yg mengajari saya di kelas. Sehingga mempengaruhi nilai Mata pelajaran tapi ada beberapa yang entah kenapa saya bisa mendapat nilai tinggi mulai dari pelajaran yang saya suka hingga pelajaran yang paling saya tidak suka. Metode mengajar guru yang membuat saya seperti itu termasuk guru favorit saya cukup mudah sebenarnya asalkan guru tersebut benar-benar friendly dengan anak murudnya dan jangan terlalu dibuat serius juga dalam mengajar.
Sebenarnya setiap guru tidak harus mengajar dengan metode menerangkan habis itu ngerjain tugas atau terus mengulangnya. Guru setidaknya cara / metode yang pertama kali dilakukan itu seperti yang saya sudah katakan Friendly dan jangan terlalu serius dalam mengajar. Dan terakhir itu, memang guru sudah sewajarnya / sewajibnya untuk memberikan penerangan terhadap setiap anak muridnya tapikan tidak sesering di setiap pembahasan dalam materi juga…. Seharusnya inti dari setiap pembahasan yang menurut anak murid itu benar – benar tidak di mengerti. Intinya metode mengajar guru yang ideal atau bisa di bilang berhasil dalam meningkatkan semangat belajar. Dengan metode menerangkan sedikit ditambah diberikan berupa LKS yang isinya soal yang sekaligus rangkuman terhadap materi tersebut lalu ketika ulangan harian di ulang lagi deh  soalnya…    tapi tidak hanya itu yang terpenting guru tersebut bisa merasakan posisinya dengan anak muridnya dengan begitu sangat mudah untuk memberikan pengajaran dengan baik dan dapat di senangi oleh anak muridnya.

GURU FAVORITE
Untuk guru saya memiliki 2 golongan mulai guru yang waktu saya SD dan SMA. Pertama mulai dari guru favorit saya waktu SD beliau bernama Bu Nila beliau mengajar mata pelajaran b.indonesia ketika saya kelas 5 SD kebetulan beliau dulu guru baru dan langsung menjadi wali kelas saya. Beliau usianya yaaa..h bisa di bilang sudah tak lagi muda tapi beliau memiliki semangat untuk memberikan suri tauladan terhadap anak didiknya. Bu nila bisa dibilang guru yang cukup tegas tapi beliau bukan tipe guru kiler hanya mungkin raut wajahnya yg sedikit bisa dibilang begitu. Bu nila sangat baik, ramah, memiliki tingkat kesopanan yang sangat baik dan patut untuk di contoh beliau bukan tipe orang yang berbicara terlalu berteletele beliau kalau bicara langsung pada intinya walaupun terkadang saya tidak selalu konek dengan apa yang beliau bicarakan, beliau walaupun raut mukanya sedikit begitu tapi beliau sangatlah murah senyum dan peduli terhadap sesama. Untuk cara mengajar beliau sangatlah santai dan tidak terlalu serius yaaaa…h bisa dibilang seperti Bu reni (kesiswaan SMA almus), setiap jam pelajaran beliau biasanya kalau tidak di jam pertama atau di jam terakhir pelajaran terkadang beliau mengajak saya dan teman – teman untuk berrilekssasi seperti yoga bersama, tidur 10 menit, bercerita tentang pengalaman beliau dan juga games. Kenapa saya memilih beliau sebagai guru favorite saya ketika saya SD dulu dari sekian banyak guru saya lebih memilih beliau seperti yang telah saya ceritakan tadi dan tidak hanya itu saja karena kebetulan beliau membuka bimbingan belajar dirumhnya yaaa..h saya mengikuti bimbingan belajar tersebut ternya beliau hidup sederhana dan anaknya dulu SMA dan beliau juga memelihara kucing jalanan ternyata beliau tidak hanya peduli dengan sesame beliau juga sangat peduli dengan hewan maupun tunbuhan. Beliau juga sangat mengerti saya dan juga beliau sangatlah sabar  dalam mendidik saya dan teman – teman , beliau juga jarang sekali marah hanya paling lebih menasihati dan memberi tahu sebaiknya seperti apa…
Bagian ke 2 guru favorite saya ketika di SMP dulu, saya sebenarnya cukup dekat dengan beberapa guru karena guru di al muslim beda dengan guru – guru yang ada ketika saya SD dulu kalau guru yang di SD saya dulu kurang begitu ada kedekatan dan juga kurang begitu mengawasi setiap muridnya, Sedangkan guru – guru yang ada di al muslim sangat bersahabat.  Sebenarnya dan sejujurnya tipe guru favorit sebenarnya saya itu guru yang membuat saya bisa mendapat nilai baik dan bikin saya termotivasi untuk semangat belajar tapi tetep pada pendirian saya serius tapi santai dan tidak hanya itu tapi juga guru yang cepet hafal nama saya dan mengerti saya itulah yang akan saya jadikan guru favorit beliau adalah guru matematika namanya Bu tati (SMP almus) ada satuhal lagi yang baru saya sadari sebenernya dalam pribadi saya tidak ada yang namanya mata pelajaran yg disukai maupun tidak hanya karena dari pihak gurunya yang cara mengajarnya kurang begitu saya suka sehingga memiliki pemikiran seperti itu. Yang saya suka itu mulai dari cara mengajar sampai dengan cara beliau berbicara dengan saya. Beliau orangnya santai cukup gaul mengerti apa yang sedang dialami oleh setiap anak didiknya dan kebetulan juga beliau wali kelas saya juga. Dari pemikiran beliaulah yang bisa mengukir sejarah hidup saya tentang matematika yang dulu saya anggap sulit sukar untuk di pelajari sehingga setiap ulangan matematika membuat saya tidak pernah untuk belajar dari motivasi dan berbagai tekanan yang beliau berikan kepada saya beliaulah yang mengubah semuanya menjadi lebih baik mulai dari saya menghadapi soal hingga hasil sangatlah memuaskan.
      


ESSAY EKONOMI UH 4


1. Tuliskan ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan pasanglah sebuah  gambar pasar persaingan sempurna!
2. Tuliskanciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna dan pasanglah sebuah gambar pasar persaingan tidak sempurna!
3. Tuliskan ciri-ciri pasar oligopoli dan pasanglah sebuah gambar pasar oligopoli!
4. Tuliskan ciri-ciri pasar tenaga kerja!
5. Tuliskan ciri-ciri pasar faktor produksi !



1.CIRI –CIRI  PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

a.Jumlah penjual dan pembeli masing-masing banyak dan mereka masing-masing bertindak sebagai penerima harga.
b. Jenis barang yang diperjualbelikan bersifat homogen (sama).
c. Adanya kebebasan bagi penjual dan pembeli untuk keluar masuk pada bidang usaha atau pasar barang yang bersangkutan.
d. Setiap pembeli dan penjual memiliki pengetahuan yang sempurna tentang keadaan pasar.
e. Adanya mobilitas sumber daya yang ada secara sempurna, artinya pembeli mudah untuk mendapatkan barang dan penjual mudah untuk mendapatkan sumber daya produksi.





2.  PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
1.Monopoli
Ciri-Ciri :
Hanya terdiri dari 1 produsen / penjual.
Tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses.
Hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan.
Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undangmaupun butuh sumber daya yang sulit didapat.
Harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan bersekala besar.
Tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang substitusi yangsempurna.
Harga ditentukan oleh perusahaan.
Pembeli tidak punya pilihan lain dalam membeli barang.
Ada bannyak pembeli.
Membuat hambatan yang besar bagi pesainy yang akan masuk.
Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan
 
 3.CIRI-CIRI PASAR OLIGOPOLI
 Terdapat banyak penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.
Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar. 
Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.

4. CIRI-CIRI PASAR TENAGA KERJA
     - Adanya tenaga kerja
     - Ada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja
     - Adanya kesepakatan antara tenaga kerja dan perusahaan untuk bekerja sama








5. CIRI-CIRI PASAR FAKTOR PRODUKSI

  • tidak berwujud fisik tapi kegiatan
  • permintaan dan penawaran faktor produksi dilakukan dalam jumlah besar
  • jenis penawaran dan permintaan faktor produksi sesuai dgn produksi yg dihasilkan
  • penawaran faktor produksi kadang merupakan monopoli seangkan permintaan faktor produksi bersifat kolektif

.


ESSAY EKONOMI UH 3

Pak Amir Samsudin adalah seorang pedagang mangga di Pasar Tambun. Mangga simanalagi pada hari ini dijual di pasaran seharga Rp. 6.000,00/kg. Kemarin, Pak Amir baru saja membeli mangga dari Ibu Tutik, tetangga samping rumahnya. Dengan  begitu, Pak Amir sebenarnya bisa menjual harga mangga sebesar Rp, 4.000,00 per kg.  Sementara itu, Bu Sinta yang baru saja gajian, membawa uang ke pasar sebesar Rp. 10.000,00. Asumsi Bu Sinta, harga mangga simanalagi Rp. 10.000,00. Karena harganya lebih murah, maka Bu Sinta membelinya 6.5 kg.
  1. Analisalah kasus di atas dan golongkanlah Pak Amir dan Bu Sinta termasuk ke dalam jenis penjual dan pembeli yang seperti apa ?
  2. Berapakah premi konsumen dan produsen yang dimiliki Pak Amir dan Bu Sinta?
  3. Tuliskan Hukum Permintaan dan Penawaran dan berikan contoh nyata dalam kehidupanmu sehari-hari!
  4. Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran!
  5. Fungsi permintaan Qd = 210 – 3P dan fungsi penawaran Q = -40 + 2P. Buatkan kurva keseimbangan !
  6. Perhatikan tabel berikut :
Harga
Jumlah
Rp. 2000
Rp. 4000
300
500
-Buatlah fungsi penawaran!
- Hitunglah koefisien elastisitasnya !


1.      Pak amir temasuk Penjual Supermarginal karena harga yang dijual pak amir dibawah harga pasar. Sedangkan Bu Sinta termasuk Pembeli Supermarginal karena harga taksiran bu sinta melebihi harga pasar.

2.      Premi konsumen bu sinta:Rp 10.000-Rp 4000=Rp 6000
sedangkan premi produsen Pak Amir sebesar Rp 2000 (Rp 6000-Rp 4000=Rp 2000)

3.      Hukum permintaan adalah Hubuungan antara barabg yang diminta dengan harga barang tersebut dimna hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat/naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat. Contoh jika harga donat 5.000 saya akan membelinya 3 jika harganya berubah menjadi 10.000 saya akan membelinya 1 saja.
Hukum penawaran adalah Semakin tinggi harga suatu barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang,semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan. Contoh Jika penjual menjual 10 pasang sepatu dengan harga 1 pasang sepatu Rp.500.000,-
Jika 1 pasang sepatu dijual Rp.800.000,- maka penjual akan menambah menjadi 20 pasang sepatu.

4.      faktor yg mempengaruhi permintaan :
  • selera konsumen
  • pendapatan konsumen
  • intensitas kebutuhan konsumen
  • harga barang itu sendiri
  • harga barang lain yg terkait
  • ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
  • perkiraan harga dimasa depan
  • tingkat pendapatan perkapita
  • jumlah penduduk
  • distribusi pendapatan
  • usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan
faktor yg mempengaruhi penawaran :

  • biaya produksi
  • tujuan perusahaan
  • pajak
  • ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
  • prediksi harga dimasa depan
  • harga barang itu sendiri
  • harga barang lain yg terkait
  • teknologi produksi
  • kebijakan pemerintah 
                    5.
      
 6.   fungsi penawaran :

P-P1/P2-P1=Q-Q1/Q2-Q1
P-2.000/4.000-2.000=Q-300/500-300
P-2.000/2.000=Q-300/200
200(P-2000)=2.000(Q-300)
200P-400.000=2.000Q-600.000
200P=2.000Q-600.000+400.000
200P=2.000Q-200.000
P=2.000Q/200-200.000/200
P=10Q-1.000

--> 200P=2.000Q-200.000
-2.000Q=-200.000-200P
Q=-200.000/-2.000-200P/2.000
Q=100+1/10
Koefisien Elastisitas :

ΔQ/ΔPxP/Q
 200/2.000X2.000/300
 60.000/4.000.000
 0,015 (E<1 : Inelastis)




ESSAY EKONOMI UH 2

  1. Gambarkan tentang circular flow 2 sektor, 3 sektor, dan 4 sektor beserta penjelasannya!
  2. Adakah hubungan antara kegiatan ekonomi suatu negara dengan sistem ekonomi negara tersebut? Tulisjan penjelasannyak
  3. Dari circular flow yang kalian buat di nomor 1, tuliskan semua peran pelaku ekonomi yang ada di dalamnya!
  4. Tuliskan mengenai penjelasan The Law of Diminishing Return dengan menggunakan contoh !
  5. Tuliskan cara perluasan produksi yang bisa dilakukan oleh produsen dengan disertai contoh!
  6. Tuliskan perbedaan kegiatan produksi primer, sekunder dan tersier!
  7. Rangkumkan mengenai Teori Nilai Pasar dari Humme dan Locke!
  8. Rangkumkan mengenai teori nilai tenaga kerja dari David Ricardo!
  9. Rangkumkan mengenai teori nilai lebih dari Karl Marx!
  10. Tuliskan perbedaan Hukum Gossen I dan II!
     1.)   Kegiatan Ekonomi Dua Sektor
a.Corak Kegiatan Ekonomi Subsistem




b.Corak Perekonomian Modern

2.Kegiatan Ekonomi Tiga Sektor



3.Kegiatan Ekonomi Empat Sektor


2.) Ada, karena setiap Negara memiliki sistem ekonomi sebagai pengatur keuangan atau pendapatan untuk mensejahterakan Negara tersebut system ekonomi yang ada pada berbagai Negara yang ada meliputi system ekonomi tradisional, komando, pasar dan system ekonomi campran.

 3.) 1. Rumah Tangga Konsumen (RTK)

  • Sebagai konsumen. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, RTK melakukan konsumsi atas barang atau jasa yang dihasilkan rumah tangga produsen.
  • Sebagai Pemasok/Pemilik faktor produksi. rumah tangga konsumen menjadi pemilik faktor produksi yang dibutuhkan oleh Rumah tangga produsen yaitu: Tanah, tenaga kerja, modal, keahlian atau skill. Dan sebagai pemasok terhadap rumah tangga produsen, RTK berhak menerima imbalan yang berupa sewa tanah, upah/gaji, bunga modal, laba.
2. Rumah Tangga Produsen (RTP)
  • Sebagai produsen. sebagai produsen, rumah tangga produsen menghasilkan barang/jasa yang diperlukan oleh rumah tangga konsumsi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, termasuk juga dijual ke luar negeri (ekspor)
  • sebagai pennguna faktor produksi. agar mampu menghasilkan barang atau jasa, perusahaan memerlukan berbagai faktor produksi berupa sumber daya alam/bahan baku, modal, tenaga kerja, dan keahlian yang didapat dari rumah tangga konsumen.
  • sebagai agen pembangunan. agen artinya perantara, sedangkan agen pembangunan artinya RTP membantu pemerintah dalam kegiatan pembangunan seperti membuka lapangan kerja, membangun infrastruktur, menyejahterakan karyawan, meningkatkan kualitas SDM, dsb.
3. Pemerintah
  • Sebagai pengatur. dalam kegiatan ekonomi, Pemerintah mengatur lalu lintas perekonomian dalam negeri untuk menjaga stabilitas ekonomi, mencegah kekacauan dan hal-hal yang dapat menimbulkan kerugai masyarakat banyak. Misalnya menetapkan pajak atas barang mewah agar harga barangnya dapat diatur.
  • sebagai Konsumen atas barang-barang hasil produksi, misalnya dalam aktivitas sehari-hari untuk melancakan kegiatan administrasi pemerintah memerlukan kertas yang dihasilkan olen produsen.
  • sebagai produsen atas fasilitas umum, misalnya perusahaan air minum, listrik dsb.
4. Masyrakat Luar Negeri
  • Perdagangan (ekspor dan Impor)
  • Pertukaran tenaga kerja khususnya untuk tenaga ahli
  • Penanaman modal (investasi)
  • Pinjaman Luar negeri (CGI, IMF)
  • Bantuan luar negeri.
  4.) Law of diminishing returns adalah sebuah hukum dalam ekonomi yang menjelaskan tentang proporsi       input yang tepat untuk mendapatkan output maksimal.

Teori ini menjelaskan bahwa ketika input yang kita miliki melebihi kapasitas produksi dari input, maka return (pendapatan) kita akan semakin menurun. Terdapat tiga tingkat dalam teori ini, yaitu fase increasing return (pendapatan yang meningkat), fase kedua dimana pendapatan tetap meningkat tapi pada intensitas yang lebih rendah dan fase ketiga adalah diminishing returns.

Fase pertama adalah fase increasing returns. Contoh logis adalah misalnya kita mempunyai sawah, dengan input petani. Satu sawah memiliki kapasitas petani sebanyak 10 orang. Maka, ketika kita menempatkan satu orang petani disana, kita akan mendapatkan output (beras). Begitu juga jika ditambah terus sampai misalnya angka 7. Ketika level petani sudah berada pada angka 7, output akan stabil dan terus menerus meningkat. Begitu juga jika sampai 8, 9 dan 10, pendapatan terus meningkat.

Namun, pendapatan ketika 7 petani disawah dengan 10 petani berbeda. Secara logika kita bisa melihat, misalnya saja para petani, ketika semakin banyak yang terlibat, akan secara psikologis bertambah malas. Atau mereka juga bisa bertambah susah dalam bekerja, karena sawah yang mereka garap semakin penuh. Tapi, pendapatan tetap meningkat. Oleh karena itu, posisi ketika petani sebanyak 8 sampai 10 bisa dikatakan fase 2 dari teori ini.

Fase 3 adalah fase diminishing. Bayangkan jika sawah yang oleh 10 orang saja sudah sempit, ditambah lagi dengan 1,2, bahkan tiga orang lagi. Maka sawah akan semakin penuh. Disinilah timbul pendapatan yang menurun. Petani yang ada disana tidak produktif. Bahkan, pemilik sawah juga harus membayar lebih dari 10 petani, yang mana sawah itu sendiri hanya bisa menghasilkan output yang dilakukan oleh 10 petani.

Otomatis, pemilik sawah harus membayar lebih untuk itu, sehingga pendapatan mereka akan semakin menurun. Sawah juga akan semakin sesak jika diisi oleh lebih dari 10 orang, bisa jadi mereka justru mencangkul kaki dari petani yang lain, karena lahan nya sudah habis.

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2079431-law-diminishing-return/#ixzz2BCXdB2MS


5.)    Ekstensifikasi : Menambah factor Produksinya.
Contoh: Menambah Tenaga kerja.
Intensifikasi : Meningkatkan produktivitas factor produksi.
Contoh : Pnggunaan traktor untuk mengelola tanah pertanian. 


6.) Kegiaatan produksi Primeradalah kegiatan yang menghasilkan kegunaan dasar meliputi ekstraktif dan   agraris. Contoh : pertambangan, penangkapan ikan dilaut dan pertanian.

Kegiatan produksi Sekunder adalah kegiatan yang menghasilakan kegunaan bentuk meliputi bidang produksi indrustri dan kerajinan. Contoh : Telepon, bantal, bumbu masakan, dll

Kegiatan produksi Tersier adalah kegiatan yang menghasilkan berbagai kegunaan (utility) meliputi bidang perdagangan dan jasa. Contoh : toko swalayan, angkutan, perhotelan, dll.

7.) Teori nilai pasar (Hummed an Locke), Nilai suatu barang sangat tergantung pada permintaan dan penawaran barang di pasar.  

8.)  Teori nilai tenaga kerja (David Ricardo), Nilai suatu barang di tentukan oleh jumlah biayatenaga kerja yang di perlukan untuk menghasilkan barang tersebut.

9.)  Teori nilai kerja rata-rata atau Teori nilai lebih (Karl Marx), Tenaga kerja mempunyai nilai tukar dan  nilai pakai bagi pengusaha. Kelebihan nilai pakai atas nilai tukar ini di sebut nilai lebih.

10.)  –Hukum Gossen I :
              Jika pemuasan akan suatu jenis barang dilakukan secara terus-menerus maka mula-mula                 kenikmatanmya tinggi makin lama makin turun sampai terdapat tingkat kejenuhan.
             -Hukum Gossen II :
              Manusia memenuhi kebutuhannya yang beraneka ragam itu dengan tingkat intensitas yang sama.
 


JAWABAN ESSAY EKONOMI UH 1


1.      Kebutuhan saya sebagai siswa! Saya memerlukan umumnya, Buku, Peralatan tulis, Tas, Seragam, dan Sepatu.
2.      Membuat pilihan dengan cara membuat skala pioritas dengan maksud kebutuhan apa yang sangat dibutuhkanitulah yang akan dipilih.
3.      Saya mempunyai uang 15.000 saat itu saya lumayan lapar saya melihat ada yang jualan jajanan ringan di smp sedengkan di sma jajanannya berat tetapi harganya kurang begitu cukup dangan apa yang akan saya janjikan untuk menyisihkan uang jajan sebesar 10.000 untuk di tabung, untuk di sma saya ingin membeli mie ayam seharga 5.000 sedangkan di smp saya ingin beli kerupuk sablak yg pedas 3 harga total 3.0000 saya memutuskan untuk memilih jajanan di smp jadi biaya peluang yg tidak saya ambil sebesar 5.000
4.      Sistem Ekonomi Komando, system ekonomi yang diatur oleh pusat atau Pemerintah karena Indonesia wilayahnya berpulau-pulau agar system ekonominya tetap terjaga dengan baik jadi lebih baik Indonesia memakai sistam ekonomi Komando yang diatur oleh pemerintah.
 


About SMA IC AL-MUSLIM


Menurut saya SMA Al-muslim itu Biasa saja sih entah karena memang pada awalnya saya di smp al-muslim jadi kalau lihat sma al-muslimnya biasa aja kalau itu dari segi  bangunan dan nama sekolah. Sedangakan dari segi Sistem Pembelajarannya Menurut informasi yang ada setelah saya bandingkan dengan SMA yang lain mulai dari sekolah Negeri sampai sekolah Swasta cuman SMA IC AL-MUSLIM aja sedikit berbeda, berbeda yang saya maksud itu  di sma ini tidak memiliki ruang kelas pada umumnya hanya ruangan bidang study yang satukan dengan ruang PA, dalam Materi belajar yang setiap kali diberikan sedikit agak ngebut dengan itulah setiap guru menuntut untuk semua anak muridnya Aktif bahkan diberi nilai keAktifan dalam bertanya maupun berArgumen itu menurut saya, ya intinya sistemnya itu seperti di kuliahan.


About Kelas XD Al-Kindi


Mengenai kelas yang sekarang di SMA ini  masih belum bisa menemukan Hal-hal yang menarik dan juga sesuatu Hal yang bisa dijadikan sebuah Kenangan. Kemungkinan yang pertama Karena masih belum menganal satu sama lain di karenakan jarang terjadinya sharing, bertukar pendapat dan sebagainya. Kebanyakan di antara kami hanya mengenal dari segi luar mulai dari fisik, karakteristik bicara atau pun bersikap dan keaktifan atau tidak dalam beargumen dalam mengatasi masalah yang ada, dari situlah kebanyakan di antara kami lebih bisa menilai seseorang dari situ. Mengenai itu semua hanya beberapa pendapat yang bisa saya simpulkan untuk memperjelas isi tulisan ini mengenai kelas. Inti dari apa yang akan saya maksudkan itu kelas XD atau Al-kindi ini seawajar-wajarnya dalam menghadapi kehidupan pasti akan ada masalah dan kesenangan, Untuk bagian masalah masih ada beberapa di antara kami yang memiliki sifat ke Egoisan yang inginnya dia harus di dengar dan di setujui dan ada juga yang tidak bisa menyesuaikan keadaan serius ataupun keadaan santai itu hanya beberapa opini yang saya saksikan yang mungkin bisa saya katakan  sebuah Opini kesimpulan yang belum tentu benar adanya. Bagian yang kedua yaitu Kesenangan atau bisa dibilang kejadian yang baik-baik saja, pada dasarnya manusia semuanya sama dan pada dasarnya manusia semua Baik, jadi intinya kami masih mempunyai jiwa keperdulian,semua mau berbagi semua mau saling mendukung dan semua masih mau menerima, kelas XD tetap dalan keadaan yang baik baik saja.  



Universitas yang saya pilih....  UNIVERSITAS GUNADARMA  

 Sebenarnya bukan pilihan saya sendiri melainkan pilihan orang tua saya karena dari mulai saya Tk,SD,SMP,SMA saat ini semuanya adalah pilihan orang tua bukan pilihan saya karena apa yang orang tua berikan dalam memilih sekolah insya allah yang terbaik dan alhamdulillah selama ini saya merasa nyaman-nyaman saja walaupun pastinya akan ada perasaan yang tidak puas. Universitas Gunadarma yang orang tua saya pilih letaknya di daerah kali malang mungkin kalo dari rumah itu cukup jauh. Tapi tak apa, yang terpenting terjangkau dan tidak perlu arus ngekos, masih bisa pulang dan pergi. Untuk masalah Jurusan saya akan mengambil jurukan FILKOM (fakultas ilmu komputer) entah D3/S1 rencananhya setelah saya ahli dalam bidang ini saya akan masuk ke jurusan sosial entah S1/S2. yah cukup sekian maaf bila ada kesalahan dalam penulisan....  

 

 

 

 

 

 

photo by: desyana tri utami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar