ESSAY EKONOMI UH 2
1. untuk mengukur tingkat kemakmuran suatu negara dan untuk mendapatkan
data-data terperinci mengenai seluruh barang dan jasa yang dihasilkan suatu
negara selama satu periode, perhitungan pendapatan nasional
2. JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat berdasarkan data produk
domestik bruto (PDB) pendapatan per kapita masyarakat Indonesia pada 2012
mencapai Rp33,3 juta atau USD3.562,6 per tahun. Angka ini mencatatkan kenaikan
ketimbang 2011.
Kepala BPS Suryamin menjelaskan, pendapatan masyarakat meningkat 9,53 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp30,4 juta atau USD3.498,2 per tahun. Diperkirakan masyarakat Indonesia memperoleh pendapatan per bulan sebesar Rp2,775 juta atau setara Rp92.500 per hari.
Kepala BPS Suryamin menjelaskan, pendapatan masyarakat meningkat 9,53 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp30,4 juta atau USD3.498,2 per tahun. Diperkirakan masyarakat Indonesia memperoleh pendapatan per bulan sebesar Rp2,775 juta atau setara Rp92.500 per hari.
3.nternational Monetary Fund (2011)
No.
|
Negara
|
Pendapatan Perkapita
|
1
|
Singapore
|
US$ 50,714
|
2
|
Brunei
|
US$ 36,521
|
3
|
Malaysia
|
US$ 8,617
|
4
|
Thailand
|
US$ 5,281
|
5
|
Indonesia
|
US$ 3,469
|
6
|
Philippines
|
US$ 2,255
|
7
|
Vietnam
|
US$ 1,362
|
8
|
Laos
|
US$ 1,204
|
9
|
Myanmar
|
US$ 804
|
10
|
Kamboja
|
US$ 912
|
4.Pendapatan nasional pada dasarnya
merupakan kumpulan pendapatan masyarakat suatu negara. Tinggi rendahnya
pendapatan nasional akan mempengaruhi tinggi rendahnya pendapatan per kapita
negara yang bersangkutan. Akan tetapi, banyak sedikitnya jumlah penduduk pun
akan mempengaruhi jumlah pendapatan per kapita suatu negara.
Andaikan saya terlahir kembali
Mungkin saya akan membenahi diri saya untuk menjadi yang
lebih baik dengan mensetting ulang pikiran dalam otak untuk memiliki tujuan
hidup untuk bisa memberikan sebuah pengalaman yang menarik dan memiliki kesan setiap
jamnya. Saya juga akan selalu memegang perkataan “keluar dari Zona aman” by
Agnes Monica yang di maksudkan misalnya ketika kita sudah berada di titik
dimana ketika saat kita sudah mendapatkan pada titik tingkat yang kita inginkan
lalu kita hanya berani di titik tersebut saja itu yang dinamakan Zona aman,
berbeda dengan yang dimaksudkan keluar dari Zona aman mudah saja dengan niat,
tekat dan keberanian kita sangatlah mudah untuk keluar dari Zona tersebut
meskipun sudah pasti akan menghadapi kendalanya.
Tidak hanya mengubah jalan pikiran saja saya juga akan
mengubah hati saya atau perasaan saya untuk bisa lebih hati-hati dalam
menyikapi suatu kondisi dengan menjadi jiwa yang pemaaf dan menjadi jiwa yang
rendah hati. Kebanyakan orang ingin lebih bisa menjadi sosok yang dewasa tetapi
lain hal dengan saya. Bukan berarti saya tidak ingin menjadi pribadi yang dewasa
menurut saya kedewasaannya seseorang terbentuk mungkin dengan cara yang berbedaada
yang sering memperagakan setiap perkataan orang dewasa dll. Tetapi yang lebih
tepatnya kedewasaan terbentuk dengan sendirinya. Saat ini saya hanya cukup bisa
berpikir logis dan membayangkan apa yang mungkin saya tidak bisa atau sukar
untuk melakukannya akan saya lakukan walaupun dalam taraf sederhana dan dalam
proses pembelajaran yang mungkin bisa saya lakukan di kedepan saya nanti.
ESSAY EKONOMI UH 1
Metode mengajar guru
- Sebutkan ciri-ciri permasalahan yang dibahas pada mikro ekonomi!
- Sebutkan 5 contoh bahasan makro ekonomi!
- Sebutkan 3 negara berkembang, dan jelaskan satu per satu mengapa negara tersebut dikatakan negara berkembang!
- Sebutkan 3 negara maju, dan jelaskan satu persatu mengapa negara tersebut dikatakan negara maju !
- China termasuk negara maju atau berkembang ? Berikan alasannya !
- Menurutmu, apakah Indonesia kelak akan menjadi negara maju ? Jelaskan analisamu!
- Menurutmu, apakah Indonesia sudah memasuki arena globalisasi ? Jelaskan alasannya!
- Mengapa Indonesia masih berutang ?
1.
Masalah kemiskinan, Masalah Keterbelangkangan,
Masalah pengangguran dan kesempatan kerja, Masalah kekurangan modal.
2.
Pendapatan nasional, kesempatan kerja dan atau
pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun
neraca pembayaran internasional.
3.
- Bangladesh : Rintangan bagi pertumbuhan adalah
badai siklon dan banjir yang sering datang, perusahaan milik negara yang tidak
efisien, fasilitas pelabuhan yang salah urus, pertumbuhan angkatan kerja yang
tidak seimbang dengan ruang kerja, penggunaan sumber daya energi yang tidak
efisien (seperti gas alam), listrik
yang tak mencukupi, perwujudan reformasi ekonomi yang lambat, pertarungan
politik, dan korupsi. Menurut Bank Dunia Juli 2005:
"Di antara hambatan paling signifikan bagi Bangladesh untuk berkembang
ialah buruknya pemerintahan dan lemahnya lembaga masyarakat."
-
Indonesia : Pada masa pemerintahan Orde Lama,
Indonesia tidak seutuhnya mengadaptasi sistem ekonomi kapitalis, namun juga
memadukannya dengan nasionalisme ekonomi. Pemerintah yang belum berpengalaman,
masih ikut campur tangan ke dalam beberapa kegiatan produksi yang berpengaruh
bagi masyarakat banyak. Hal tersebut, ditambah pula kemelut politik,
mengakibatkan terjadinya ketidakstabilan pada ekonomi negara.
-
Mesir : Ekonomi Mesir sangat tergantung pada
pertanian, media, ekspor minyak bumi, ekspor gas alam, dan pariwisata, terdapat
pula lebih dari tiga juta orang Mesir bekerja di luar negeri, terutama di Arab
Saudi, Teluk Persia dan Eropa. Penyelesaian Bendungan tinggi Aswan pada tahun
1970 dan resultan Danau Nasser telah menghasilkan tempat yang dihormati
sepanjang masa dari Sungai Nil dalam pertanian dan ekologi negara Mesir. Sebuah
populasi yang berkembang pesat, lahan pertanian terbatas, dan semua
ketergantungan pada Sungai Nil terus membebani sumber daya dan menekankan
ekonomi.
4.
– Britania Raya : Revolusi Industri berawal dari Britania
Raya, yang mula-mula berpusat pada industri tekstil, kemudian diikuti oleh
industri berat yang lain seperti pembuatan kapal, pertambangan batubara, dan
pembuatan baja. Imperium Britania
juga turut menciptakan pasar luar negeri bagi produk-produk Britania, yang memungkinkan
Britania untuk mendominasi perdagangan internasional pada abad ke-19. Namun,
setelah negara-negara lain juga berindustri, ditambah dengan kemerosotan
ekonomi setelah dua perang dunia, Britania Raya mulai kehilangan keunggulan
kompetitifnya. Industri-industri berat mengalami penurunan sepanjang abad
ke-20. Meskipun demikian, manufaktur tetap menjadi bagian penting dari
perekonomian walaupun hanya menyumbangkan 16,7% bagi pendapatan nasional pada
tahun 2003.
- Korea : Kesuksesan
ekonomi Korea Selatan dicapai pada akhir 1980-an ketika PDB
berkembang dari rata - rata 8% per tahun (US$2,7 milyar) pada tahun 1962
menjadi US$230 milyar pada 1989 Jumlah ini kira - kira 20 kali lipat dari Korea Utara dan sama dengan ekonomi -
ekonomi menengah di Uni Eropa. Kemajuan
ekonomi ini dikenal dengan nama Keajaiban di
Sungai Han. Pada 2005, di samping merupakan
pemimpin dalam akses internet
kecepatan-tinggi, semikonduktor
memori, monitor layar-datar dan telepon genggam, Korea Selatan berada dalam
peringkat pertama dalam pembuatan kapal,
ketiga dalam produksi ban, keempat dalam serat
sintetis, kelima dalam otomotif dan keenam
dalam baja. Negara ini juga menempati peringkat ke
tiga puluh enam dalam hal tingkat pengangguran, kesembilan belas
dalam Indeks
Kemudahan Berbisnisdan ketiga puluh satu dari 179 negara dalam Indeks
Kebebasan Ekonomi berdasarkan data tahun 2010.
- Amerika : AS
menjalankan sistem ekonomi kapitalis. Pertumbuhan ekonomi negara ini
kokoh di permukaannya, pengangguran dan inflasi rendah, dan defisit perdagangan
yang rendah (berarti AS membeli lebih banyak barang dari negara lain daripada
menjual). Ekonomi AS ialah salah satu yang terpenting di dunia. Banyak negara
telah menjadikan dolar AS sebagai
tolok ukur mata uangnya, artinya berharga atau
tidaknya mata uang mereka ditentukan oleh dolar. Sejumlah negara menggunakan
dolar sebagai mata uangnya. Bursa saham AS
dipandang sebagai indikator ekonomi dunia.Negara ini memiliki banyak sumber
daya mineral, seperti emas,
minyak, batu bara dan endapan uranium. Pertanian membuat negara ini berada di
antara produsen utama, di antara lainnya, jagung, gandum, gula
dan tembakau. AS memproduksi mobil,
pesawat terbang dan benda elektronik. Sekitar 3/4 of penduduk
AS bekerja di industri jasa.
5.
Negara Berkembang : kebanyakan ekonomi republik ini telah diswastakan sejak tiga dasawarsa yang lalu. Walau
bagaimanapun, pemerintah masih mengawasi ekonominya secara politik terutama
dengan perusahaan-perusahaan milik pemerintah dan sektor perbankan. Secara politik,
ia masih tetap menjadi pemerintahan satu partai.
6.
Bisa dikatakan Tidak karena masih banyak
permaslahan yang belum terselesaikan dari tahun ketahun contohnya masalah yang
ada di Ibu kotanya sendiri sudah bertahun – tahun lamanya masalah yang di
hadapi masih saja sama dan sampai sekarang belum juga terpacahkan. Pemerintah
juga terlalu focus terhadap masalah yang sering terjadi sedangkan masalah yang
di luar lingkup sana ( di daerah lain) tidak terlalu terurus sedangkan yang di
fokuskan belum tentu terselesaikan Indonesia juga masih berhutang dan
ketergantungan dengan Negara lain belum lagi Koruptor meraja rela.
7.
Mungkin Sudah soalnya orang Luar sudah
mengetahui atau mungkin sudah mengenal kebudayaan Indonesia dan bahkan suadah
di akui oleh Negara luar seperti Amerika Serikat.
8.
Sumber Daya Manusia yang kurang, Korupsi,
Kemiskinan, Pengangguran Dll.
Metode mengajar guru
Metode mengajar yang
saya suka dari guru, yang membuat nilai saya meningkat dan membuat ingatan
terhadap materi tersebut permanen di otak cukup sulit jika cara mengajarnya
monoton. karena saya tipe orang yang tidak terlalu rajin belajar dan juga cepat
bosan membaca, trus juga terkadang pengaruh mood atau tidaknya terhadap guru yg
mengajari saya di kelas. Sehingga mempengaruhi nilai Mata pelajaran tapi ada
beberapa yang entah kenapa saya bisa mendapat nilai tinggi mulai dari pelajaran
yang saya suka hingga pelajaran yang paling saya tidak suka. Metode mengajar
guru yang membuat saya seperti itu termasuk guru favorit saya cukup mudah sebenarnya
asalkan guru tersebut benar-benar friendly dengan anak murudnya dan jangan
terlalu dibuat serius juga dalam mengajar.
Sebenarnya setiap guru tidak harus mengajar dengan metode
menerangkan habis itu ngerjain tugas atau terus mengulangnya. Guru setidaknya
cara / metode yang pertama kali dilakukan itu seperti yang saya sudah katakan Friendly
dan jangan terlalu serius dalam mengajar. Dan terakhir itu, memang guru sudah
sewajarnya / sewajibnya untuk memberikan penerangan terhadap setiap anak
muridnya tapikan tidak sesering di setiap pembahasan dalam materi juga….
Seharusnya inti dari setiap pembahasan yang menurut anak murid itu benar –
benar tidak di mengerti. Intinya metode mengajar guru yang ideal atau bisa di
bilang berhasil dalam meningkatkan semangat belajar. Dengan metode menerangkan
sedikit ditambah diberikan berupa LKS yang isinya soal yang sekaligus rangkuman
terhadap materi tersebut lalu ketika ulangan harian di ulang lagi deh soalnya…
tapi tidak hanya itu yang terpenting guru tersebut bisa merasakan
posisinya dengan anak muridnya dengan begitu sangat mudah untuk memberikan
pengajaran dengan baik dan dapat di senangi oleh anak muridnya.
Untuk guru saya memiliki 2 golongan mulai guru yang waktu
saya SD dan SMA. Pertama mulai dari guru favorit saya waktu SD beliau bernama
Bu Nila beliau mengajar mata pelajaran b.indonesia ketika saya kelas 5 SD
kebetulan beliau dulu guru baru dan langsung menjadi wali kelas saya. Beliau
usianya yaaa..h bisa di bilang sudah tak lagi muda tapi beliau memiliki
semangat untuk memberikan suri tauladan terhadap anak didiknya. Bu nila bisa
dibilang guru yang cukup tegas tapi beliau bukan tipe guru kiler hanya mungkin
raut wajahnya yg sedikit bisa dibilang begitu. Bu nila sangat baik, ramah,
memiliki tingkat kesopanan yang sangat baik dan patut untuk di contoh beliau
bukan tipe orang yang berbicara terlalu berteletele beliau kalau bicara
langsung pada intinya walaupun terkadang saya tidak selalu konek dengan apa
yang beliau bicarakan, beliau walaupun raut mukanya sedikit begitu tapi beliau
sangatlah murah senyum dan peduli terhadap sesama. Untuk cara mengajar beliau
sangatlah santai dan tidak terlalu serius yaaaa…h bisa dibilang seperti Bu reni
(kesiswaan SMA almus), setiap jam pelajaran beliau biasanya kalau tidak di jam
pertama atau di jam terakhir pelajaran terkadang beliau mengajak saya dan teman
– teman untuk berrilekssasi seperti yoga bersama, tidur 10 menit, bercerita
tentang pengalaman beliau dan juga games. Kenapa saya memilih beliau sebagai
guru favorite saya ketika saya SD dulu dari sekian banyak guru saya lebih
memilih beliau seperti yang telah saya ceritakan tadi dan tidak hanya itu saja karena
kebetulan beliau membuka bimbingan belajar dirumhnya yaaa..h saya mengikuti
bimbingan belajar tersebut ternya beliau hidup sederhana dan anaknya dulu SMA
dan beliau juga memelihara kucing jalanan ternyata beliau tidak hanya peduli
dengan sesame beliau juga sangat peduli dengan hewan maupun tunbuhan. Beliau
juga sangat mengerti saya dan juga beliau sangatlah sabar dalam mendidik saya dan teman – teman ,
beliau juga jarang sekali marah hanya paling lebih menasihati dan memberi tahu
sebaiknya seperti apa…
Bagian ke 2 guru favorite saya ketika di SMP dulu, saya
sebenarnya cukup dekat dengan beberapa guru karena guru di al muslim beda
dengan guru – guru yang ada ketika saya SD dulu kalau guru yang di SD saya dulu
kurang begitu ada kedekatan dan juga kurang begitu mengawasi setiap muridnya,
Sedangkan guru – guru yang ada di al muslim sangat bersahabat. Sebenarnya dan sejujurnya tipe guru favorit
sebenarnya saya itu guru yang membuat saya bisa mendapat nilai baik dan bikin
saya termotivasi untuk semangat belajar tapi tetep pada pendirian saya serius
tapi santai dan tidak hanya itu tapi juga guru yang cepet hafal nama saya dan
mengerti saya itulah yang akan saya jadikan guru favorit beliau adalah guru
matematika namanya Bu tati (SMP almus) ada satuhal lagi yang baru saya sadari
sebenernya dalam pribadi saya tidak ada yang namanya mata pelajaran yg disukai
maupun tidak hanya karena dari pihak gurunya yang cara mengajarnya kurang
begitu saya suka sehingga memiliki pemikiran seperti itu. Yang saya suka itu
mulai dari cara mengajar sampai dengan cara beliau berbicara dengan saya.
Beliau orangnya santai cukup gaul mengerti apa yang sedang dialami oleh setiap
anak didiknya dan kebetulan juga beliau wali kelas saya juga. Dari pemikiran
beliaulah yang bisa mengukir sejarah hidup saya tentang matematika yang dulu
saya anggap sulit sukar untuk di pelajari sehingga setiap ulangan matematika
membuat saya tidak pernah untuk belajar dari motivasi dan berbagai tekanan yang
beliau berikan kepada saya beliaulah yang mengubah semuanya menjadi lebih baik
mulai dari saya menghadapi soal hingga hasil sangatlah memuaskan.
ESSAY EKONOMI UH 4
1. Tuliskan ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan
pasanglah sebuah gambar pasar persaingan sempurna!
2. Tuliskanciri-ciri pasar
persaingan tidak sempurna dan pasanglah sebuah gambar pasar persaingan tidak
sempurna!
3. Tuliskan ciri-ciri pasar
oligopoli dan pasanglah sebuah gambar pasar oligopoli!
4. Tuliskan ciri-ciri pasar
tenaga kerja!
5. Tuliskan ciri-ciri pasar
faktor produksi !
1.CIRI –CIRI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
a.Jumlah penjual dan pembeli masing-masing banyak dan mereka
masing-masing bertindak sebagai penerima harga.
b. Jenis barang yang diperjualbelikan bersifat homogen (sama).
c. Adanya kebebasan bagi penjual dan pembeli untuk keluar masuk pada bidang usaha atau pasar barang yang bersangkutan.
d. Setiap pembeli dan penjual memiliki pengetahuan yang sempurna tentang keadaan pasar.
e. Adanya mobilitas sumber daya yang ada secara sempurna, artinya pembeli mudah untuk mendapatkan barang dan penjual mudah untuk mendapatkan sumber daya produksi.
b. Jenis barang yang diperjualbelikan bersifat homogen (sama).
c. Adanya kebebasan bagi penjual dan pembeli untuk keluar masuk pada bidang usaha atau pasar barang yang bersangkutan.
d. Setiap pembeli dan penjual memiliki pengetahuan yang sempurna tentang keadaan pasar.
e. Adanya mobilitas sumber daya yang ada secara sempurna, artinya pembeli mudah untuk mendapatkan barang dan penjual mudah untuk mendapatkan sumber daya produksi.
2. PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
1.Monopoli
Ciri-Ciri :
Hanya terdiri dari 1 produsen /
penjual.
Tidak butuh strategi dan promosi
untuk sukses.
Hanya ada satu jenis produk tanpa
adanya alternatif pilihan.
Sangat sulit untuk masuk ke pasar
karena peraturan undang-undangmaupun butuh sumber daya yang sulit didapat.
Harga dan jumlah kuantitas produk
yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan bersekala besar.
Tidak ada perusahaan yang dapat
membuat barang substitusi yangsempurna.
Harga ditentukan oleh perusahaan.
Pembeli tidak punya pilihan lain
dalam membeli barang.
Ada bannyak pembeli.
Membuat hambatan yang besar bagi
pesainy yang akan masuk.
Keuntungan hanya terpusat pada satu
perusahaan
3.CIRI-CIRI PASAR OLIGOPOLI
Terdapat banyak penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.
Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.
Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.
Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual
yang mempunyai pangsa pasar terbesar.
4. CIRI-CIRI PASAR TENAGA KERJA
- Adanya tenaga kerja
- Ada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja
- Adanya kesepakatan antara tenaga kerja dan perusahaan untuk bekerja sama
- Ada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja
- Adanya kesepakatan antara tenaga kerja dan perusahaan untuk bekerja sama
5. CIRI-CIRI PASAR FAKTOR PRODUKSI
- tidak berwujud fisik tapi kegiatan
- permintaan dan penawaran faktor produksi dilakukan dalam jumlah besar
- jenis penawaran dan permintaan faktor produksi sesuai dgn produksi yg dihasilkan
- penawaran faktor produksi kadang merupakan monopoli seangkan permintaan faktor produksi bersifat kolektif
.
ESSAY EKONOMI UH 3
Pak Amir Samsudin adalah seorang
pedagang mangga di Pasar Tambun. Mangga simanalagi pada hari ini dijual di
pasaran seharga Rp. 6.000,00/kg. Kemarin, Pak Amir baru saja membeli mangga
dari Ibu Tutik, tetangga samping rumahnya. Dengan begitu, Pak Amir
sebenarnya bisa menjual harga mangga sebesar Rp, 4.000,00 per kg.
Sementara itu, Bu Sinta yang baru saja gajian, membawa uang ke pasar
sebesar Rp. 10.000,00. Asumsi Bu Sinta, harga mangga simanalagi Rp. 10.000,00.
Karena harganya lebih murah, maka Bu Sinta membelinya 6.5 kg.
- Analisalah kasus di atas dan golongkanlah Pak Amir dan Bu Sinta termasuk ke dalam jenis penjual dan pembeli yang seperti apa ?
- Berapakah premi konsumen dan produsen yang dimiliki Pak Amir dan Bu Sinta?
- Tuliskan Hukum Permintaan dan Penawaran dan berikan contoh nyata dalam kehidupanmu sehari-hari!
- Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran!
- Fungsi permintaan Qd = 210 – 3P dan fungsi penawaran Q = -40 + 2P. Buatkan kurva keseimbangan !
- Perhatikan tabel berikut :
Harga
|
Jumlah
|
Rp. 2000
Rp. 4000
|
300
500
|
-Buatlah fungsi penawaran!
- Hitunglah koefisien elastisitasnya
!
1.
Pak amir temasuk Penjual Supermarginal karena
harga yang dijual pak amir dibawah harga pasar. Sedangkan Bu Sinta termasuk
Pembeli Supermarginal karena harga taksiran bu sinta melebihi harga pasar.
2.
Premi konsumen bu sinta:Rp 10.000-Rp 4000=Rp
6000
sedangkan premi produsen Pak Amir sebesar Rp 2000 (Rp 6000-Rp 4000=Rp 2000)
sedangkan premi produsen Pak Amir sebesar Rp 2000 (Rp 6000-Rp 4000=Rp 2000)
3.
Hukum permintaan adalah Hubuungan antara barabg
yang diminta dengan harga barang tersebut dimna hubungan berbanding terbalik
yaitu ketika harga meningkat/naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun
dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat. Contoh jika harga
donat 5.000 saya akan membelinya 3 jika harganya berubah menjadi 10.000 saya
akan membelinya 1 saja.
Hukum
penawaran adalah Semakin tinggi harga suatu barang tersebut akan ditawarkan
oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang,semakin sedikit
jumlah barang tersebut yang ditawarkan. Contoh Jika penjual menjual 10 pasang
sepatu dengan harga 1 pasang sepatu Rp.500.000,-
Jika
1 pasang sepatu dijual Rp.800.000,- maka penjual akan menambah menjadi 20
pasang sepatu.
4.
faktor yg mempengaruhi permintaan :
- selera konsumen
- pendapatan konsumen
- intensitas kebutuhan konsumen
- harga barang itu sendiri
- harga barang lain yg terkait
- ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
- perkiraan harga dimasa depan
- tingkat pendapatan perkapita
- jumlah penduduk
- distribusi pendapatan
- usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan
faktor
yg mempengaruhi penawaran :
- biaya produksi
- tujuan perusahaan
- pajak
- ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
- prediksi harga dimasa depan
- harga barang itu sendiri
- harga barang lain yg terkait
- teknologi produksi
- kebijakan pemerintah
6.
fungsi penawaran :
P-P1/P2-P1=Q-Q1/Q2-Q1
P-2.000/4.000-2.000=Q-300/500-300
P-2.000/2.000=Q-300/200
200(P-2000)=2.000(Q-300)
200P-400.000=2.000Q-600.000
200P=2.000Q-600.000+400.000
200P=2.000Q-200.000
P=2.000Q/200-200.000/200
P=10Q-1.000
200P-400.000=2.000Q-600.000
200P=2.000Q-600.000+400.000
200P=2.000Q-200.000
P=2.000Q/200-200.000/200
P=10Q-1.000
-->
200P=2.000Q-200.000
-2.000Q=-200.000-200P
Q=-200.000/-2.000-200P/2.000
Q=100+1/10
Q=100+1/10
Koefisien
Elastisitas :
ΔQ/ΔPxP/Q
200/2.000X2.000/300
60.000/4.000.000
0,015
(E<1
: Inelastis)
ESSAY EKONOMI UH 2
- Gambarkan tentang circular flow 2 sektor, 3 sektor, dan 4 sektor beserta penjelasannya!
- Adakah hubungan antara kegiatan ekonomi suatu negara dengan sistem ekonomi negara tersebut? Tulisjan penjelasannyak
- Dari circular flow yang kalian buat di nomor 1, tuliskan semua peran pelaku ekonomi yang ada di dalamnya!
- Tuliskan mengenai penjelasan The Law of Diminishing Return dengan menggunakan contoh !
- Tuliskan cara perluasan produksi yang bisa dilakukan oleh produsen dengan disertai contoh!
- Tuliskan perbedaan kegiatan produksi primer, sekunder dan tersier!
- Rangkumkan mengenai Teori Nilai Pasar dari Humme dan Locke!
- Rangkumkan mengenai teori nilai tenaga kerja dari David Ricardo!
- Rangkumkan mengenai teori nilai lebih dari Karl Marx!
- Tuliskan perbedaan Hukum Gossen I dan II!
a.Corak Kegiatan Ekonomi Subsistem
b.Corak Perekonomian Modern
2.Kegiatan Ekonomi Tiga Sektor
3.Kegiatan Ekonomi Empat Sektor
2.) Ada, karena setiap Negara memiliki sistem ekonomi sebagai pengatur keuangan atau pendapatan untuk mensejahterakan Negara tersebut system ekonomi yang ada pada berbagai Negara yang ada meliputi system ekonomi tradisional, komando, pasar dan system ekonomi campran.
3.) 1. Rumah Tangga Konsumen (RTK)
- Sebagai konsumen. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, RTK melakukan konsumsi atas barang atau jasa yang dihasilkan rumah tangga produsen.
- Sebagai Pemasok/Pemilik faktor produksi. rumah tangga konsumen menjadi pemilik faktor produksi yang dibutuhkan oleh Rumah tangga produsen yaitu: Tanah, tenaga kerja, modal, keahlian atau skill. Dan sebagai pemasok terhadap rumah tangga produsen, RTK berhak menerima imbalan yang berupa sewa tanah, upah/gaji, bunga modal, laba.
2. Rumah Tangga Produsen (RTP)
- Sebagai produsen. sebagai produsen, rumah tangga produsen menghasilkan barang/jasa yang diperlukan oleh rumah tangga konsumsi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, termasuk juga dijual ke luar negeri (ekspor)
- sebagai pennguna faktor produksi. agar mampu menghasilkan barang atau jasa, perusahaan memerlukan berbagai faktor produksi berupa sumber daya alam/bahan baku, modal, tenaga kerja, dan keahlian yang didapat dari rumah tangga konsumen.
- sebagai agen pembangunan. agen artinya perantara, sedangkan agen pembangunan artinya RTP membantu pemerintah dalam kegiatan pembangunan seperti membuka lapangan kerja, membangun infrastruktur, menyejahterakan karyawan, meningkatkan kualitas SDM, dsb.
3. Pemerintah
- Sebagai pengatur. dalam kegiatan ekonomi, Pemerintah mengatur lalu lintas perekonomian dalam negeri untuk menjaga stabilitas ekonomi, mencegah kekacauan dan hal-hal yang dapat menimbulkan kerugai masyarakat banyak. Misalnya menetapkan pajak atas barang mewah agar harga barangnya dapat diatur.
- sebagai Konsumen atas barang-barang hasil produksi, misalnya dalam aktivitas sehari-hari untuk melancakan kegiatan administrasi pemerintah memerlukan kertas yang dihasilkan olen produsen.
- sebagai produsen atas fasilitas umum, misalnya perusahaan air minum, listrik dsb.
4. Masyrakat Luar Negeri
- Perdagangan (ekspor dan Impor)
- Pertukaran tenaga kerja khususnya untuk tenaga ahli
- Penanaman modal (investasi)
- Pinjaman Luar negeri (CGI, IMF)
- Bantuan luar negeri.
4.) Law of diminishing returns adalah sebuah hukum dalam ekonomi
yang menjelaskan tentang proporsi input yang tepat untuk mendapatkan output
maksimal.
Teori ini menjelaskan bahwa ketika input yang kita miliki melebihi kapasitas produksi dari input, maka return (pendapatan) kita akan semakin menurun. Terdapat tiga tingkat dalam teori ini, yaitu fase increasing return (pendapatan yang meningkat), fase kedua dimana pendapatan tetap meningkat tapi pada intensitas yang lebih rendah dan fase ketiga adalah diminishing returns.
Fase pertama adalah fase increasing returns. Contoh logis adalah misalnya kita mempunyai sawah, dengan input petani. Satu sawah memiliki kapasitas petani sebanyak 10 orang. Maka, ketika kita menempatkan satu orang petani disana, kita akan mendapatkan output (beras). Begitu juga jika ditambah terus sampai misalnya angka 7. Ketika level petani sudah berada pada angka 7, output akan stabil dan terus menerus meningkat. Begitu juga jika sampai 8, 9 dan 10, pendapatan terus meningkat.
Namun, pendapatan ketika 7 petani disawah dengan 10 petani berbeda. Secara logika kita bisa melihat, misalnya saja para petani, ketika semakin banyak yang terlibat, akan secara psikologis bertambah malas. Atau mereka juga bisa bertambah susah dalam bekerja, karena sawah yang mereka garap semakin penuh. Tapi, pendapatan tetap meningkat. Oleh karena itu, posisi ketika petani sebanyak 8 sampai 10 bisa dikatakan fase 2 dari teori ini.
Teori ini menjelaskan bahwa ketika input yang kita miliki melebihi kapasitas produksi dari input, maka return (pendapatan) kita akan semakin menurun. Terdapat tiga tingkat dalam teori ini, yaitu fase increasing return (pendapatan yang meningkat), fase kedua dimana pendapatan tetap meningkat tapi pada intensitas yang lebih rendah dan fase ketiga adalah diminishing returns.
Fase pertama adalah fase increasing returns. Contoh logis adalah misalnya kita mempunyai sawah, dengan input petani. Satu sawah memiliki kapasitas petani sebanyak 10 orang. Maka, ketika kita menempatkan satu orang petani disana, kita akan mendapatkan output (beras). Begitu juga jika ditambah terus sampai misalnya angka 7. Ketika level petani sudah berada pada angka 7, output akan stabil dan terus menerus meningkat. Begitu juga jika sampai 8, 9 dan 10, pendapatan terus meningkat.
Namun, pendapatan ketika 7 petani disawah dengan 10 petani berbeda. Secara logika kita bisa melihat, misalnya saja para petani, ketika semakin banyak yang terlibat, akan secara psikologis bertambah malas. Atau mereka juga bisa bertambah susah dalam bekerja, karena sawah yang mereka garap semakin penuh. Tapi, pendapatan tetap meningkat. Oleh karena itu, posisi ketika petani sebanyak 8 sampai 10 bisa dikatakan fase 2 dari teori ini.
Fase 3 adalah fase diminishing. Bayangkan jika sawah yang oleh 10 orang saja sudah sempit, ditambah lagi dengan 1,2, bahkan tiga orang lagi. Maka sawah akan semakin penuh. Disinilah timbul pendapatan yang menurun. Petani yang ada disana tidak produktif. Bahkan, pemilik sawah juga harus membayar lebih dari 10 petani, yang mana sawah itu sendiri hanya bisa menghasilkan output yang dilakukan oleh 10 petani.
Otomatis, pemilik sawah harus membayar lebih untuk itu, sehingga pendapatan mereka akan semakin menurun. Sawah juga akan semakin sesak jika diisi oleh lebih dari 10 orang, bisa jadi mereka justru mencangkul kaki dari petani yang lain, karena lahan nya sudah habis.
Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2079431-law-diminishing-return/#ixzz2BCXdB2MS
5.)
Ekstensifikasi : Menambah factor Produksinya.
Contoh: Menambah Tenaga kerja.
Intensifikasi : Meningkatkan produktivitas factor produksi.
Contoh : Pnggunaan traktor untuk mengelola tanah pertanian.
6.) Kegiaatan
produksi Primeradalah kegiatan yang menghasilkan kegunaan dasar meliputi
ekstraktif dan agraris. Contoh : pertambangan, penangkapan ikan dilaut dan
pertanian.
Kegiatan produksi Sekunder adalah kegiatan
yang menghasilakan kegunaan bentuk meliputi bidang produksi indrustri dan
kerajinan. Contoh : Telepon, bantal, bumbu masakan, dll
Kegiatan produksi Tersier adalah
kegiatan yang menghasilkan berbagai kegunaan (utility) meliputi bidang
perdagangan dan jasa. Contoh : toko swalayan, angkutan, perhotelan, dll.
7.) Teori nilai pasar (Hummed an Locke), Nilai suatu barang sangat tergantung
pada permintaan dan penawaran barang di pasar.
8.) Teori nilai tenaga kerja (David Ricardo), Nilai suatu barang di
tentukan oleh jumlah biayatenaga kerja yang di perlukan untuk menghasilkan
barang tersebut.
9.) Teori nilai kerja rata-rata atau Teori nilai lebih (Karl Marx), Tenaga
kerja mempunyai nilai tukar dan nilai pakai bagi pengusaha. Kelebihan nilai
pakai atas nilai tukar ini di sebut nilai lebih.
10.) –Hukum Gossen I :
Jika pemuasan akan suatu jenis barang
dilakukan secara terus-menerus maka mula-mula kenikmatanmya tinggi makin lama
makin turun sampai terdapat tingkat kejenuhan.
-Hukum Gossen II :
Manusia memenuhi kebutuhannya yang beraneka
ragam itu dengan tingkat intensitas yang sama.
1.
Kebutuhan saya sebagai siswa! Saya
memerlukan umumnya, Buku, Peralatan tulis, Tas, Seragam, dan Sepatu.
2.
Membuat pilihan dengan cara membuat
skala pioritas dengan maksud kebutuhan apa yang sangat dibutuhkanitulah yang
akan dipilih.
3.
Saya mempunyai uang 15.000 saat itu saya lumayan lapar
saya melihat ada yang jualan jajanan ringan di smp sedengkan di sma jajanannya
berat tetapi harganya kurang begitu cukup dangan apa yang akan saya janjikan
untuk menyisihkan uang jajan sebesar 10.000 untuk di tabung, untuk di sma saya
ingin membeli mie ayam seharga 5.000 sedangkan di smp saya ingin beli kerupuk
sablak yg pedas 3 harga total 3.0000 saya memutuskan untuk memilih jajanan di
smp jadi biaya peluang yg tidak saya ambil sebesar 5.000
4.
Sistem Ekonomi Komando, system ekonomi yang diatur oleh
pusat atau Pemerintah karena Indonesia wilayahnya berpulau-pulau agar system ekonominya
tetap terjaga dengan baik jadi lebih baik Indonesia memakai sistam ekonomi
Komando yang diatur oleh pemerintah.
About SMA IC AL-MUSLIM
Menurut saya SMA Al-muslim itu Biasa saja sih entah karena memang pada awalnya saya di smp al-muslim jadi kalau lihat sma al-muslimnya biasa aja kalau itu dari segi bangunan dan nama sekolah. Sedangakan dari segi Sistem Pembelajarannya Menurut informasi yang ada setelah saya bandingkan dengan SMA yang lain mulai dari sekolah Negeri sampai sekolah Swasta cuman SMA IC AL-MUSLIM aja sedikit berbeda, berbeda yang saya maksud itu di sma ini tidak memiliki ruang kelas pada umumnya hanya ruangan bidang study yang satukan dengan ruang PA, dalam Materi belajar yang setiap kali diberikan sedikit agak ngebut dengan itulah setiap guru menuntut untuk semua anak muridnya Aktif bahkan diberi nilai keAktifan dalam bertanya maupun berArgumen itu menurut saya, ya intinya sistemnya itu seperti di kuliahan.
About Kelas XD Al-Kindi
Mengenai kelas yang sekarang di SMA ini masih belum bisa menemukan Hal-hal yang menarik dan juga sesuatu Hal yang bisa dijadikan sebuah Kenangan. Kemungkinan yang pertama Karena masih belum menganal satu sama lain di karenakan jarang terjadinya sharing, bertukar pendapat dan sebagainya. Kebanyakan di antara kami hanya mengenal dari segi luar mulai dari fisik, karakteristik bicara atau pun bersikap dan keaktifan atau tidak dalam beargumen dalam mengatasi masalah yang ada, dari situlah kebanyakan di antara kami lebih bisa menilai seseorang dari situ. Mengenai itu semua hanya beberapa pendapat yang bisa saya simpulkan untuk memperjelas isi tulisan ini mengenai kelas. Inti dari apa yang akan saya maksudkan itu kelas XD atau Al-kindi ini seawajar-wajarnya dalam menghadapi kehidupan pasti akan ada masalah dan kesenangan, Untuk bagian masalah masih ada beberapa di antara kami yang memiliki sifat ke Egoisan yang inginnya dia harus di dengar dan di setujui dan ada juga yang tidak bisa menyesuaikan keadaan serius ataupun keadaan santai itu hanya beberapa opini yang saya saksikan yang mungkin bisa saya katakan sebuah Opini kesimpulan yang belum tentu benar adanya. Bagian yang kedua yaitu Kesenangan atau bisa dibilang kejadian yang baik-baik saja, pada dasarnya manusia semuanya sama dan pada dasarnya manusia semua Baik, jadi intinya kami masih mempunyai jiwa keperdulian,semua mau berbagi semua mau saling mendukung dan semua masih mau menerima, kelas XD tetap dalan keadaan yang baik baik saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar